Wednesday 27 April 2016

Resep Membuat Nasi Hijau Khas Sukabumi Kota Moci


Nasi kuning yang menggunakan pewarna dari kunyit emang sudah tidak aneh lagi. Yang sedang aneh sekarang yaitu nasi hijau yang di warnai menggunakan bahan sayur bayam sehingga nutrisi yang di serap oleh tubuh sangatlah tinggi jadi anak balita juga bisa makan nasi hijau ini tidsk perlu cemas dengan kesehatan balita anda di karenakan pewarna yang di hasilkan dari sayur bayam ada kandungan nutrisinya baik buat balita sekali pun. Tiap tahun kuliner indonesia selalu ada yang baru baahkan tidak tiap tahun tiap bulan juga pasti ada kuliner masakan  yang baru baru seperti nasi hijau ini sekarang lagi buming bumingnya di bicarakan dimana mana. Nasi hijau ini sangat bagus buat menu sarapan anda sebelum pergi beraktifitas k kantor bisa juga buat di sela sela makan siang anda sama rekan kantor anda nasi hijau selain menggunakan pewarna hijau dari sayur bayam bisa juga menggunakan sayuran sawi yang sudah di blender halus. Hampir seluruh indonesia nasi hijau sudah berkembang sangat pesat sekali seperti di kota bogor, kota sukabumi, kota bandung dan sekitarnya bukti adanya nasi hijau sudah tersebar luas di indonesia tiap daerah di indonesia masing masing memiliki ciri khas membuat nasui hijau ada nasi hijau khas jakarta, nasi hijau khas bandung, nasi hijau khas tanah kota moci sukabumi dan kota kota di sekitarnya.


Nasi hijau tersenderi banyak sekali variasi variasinya biar tidak bosen di pandangnya atau biar memikat pembeli kalo yang mempunyai restoran yang menyajikan olahan nasi hijau yang di campur sama bahan sayuran hijau yang menyehatkan tubuh. Untuk mencari bahan bahan membuat nasi hijau tersebut bisa dengan mudah di dapatkan di pasar tradisional terdekat atau di warung warung sekitar pemukiman anda. nasi hijau pada dasarnya sama dari nasi putih cuman di kasih campuran campuran bumbu yang sangat enak dan nikmat dong tentunya sehingga nasi hijau beda ama nasi kuning dan nasi putih yang sering di sajikan tiap hari buat menu makan di rumah. Nasi hijau tersebut bila di tambahkan sama lauk pauk yang enak seperti daging ayam dan ikan goreng pake tambahan lalaban bakal terasa lebih nikmat sekali di santapnya bareng keluarga besar anda. Jikan anda mempunyai usah rumah makan kecil kecilan alangkah bagus buat menyajikan menu nasu hijau di rumah makan kecil kecil anda sipah tau dengan adanya menu nasi hijau rumah  makan anda yang kemarin kemrainnya sepi pembeli setelah ada menu baru nasi hijau restoran anda di banjiri pembeli yang ingin mencoba menu baru yang ada di rumah makan kecil kecilan anda. Dalam artikel kali ini yang nulis arikel ini bakalan membagikan resep baru yaitu nama resep yang akan di bagikan nasi hijau khas sukabumi kota moci. Berikut urai urain rinci resep membuat nasi hijau khas sukabumi kota moci mohon di simak baik baik iyah.

Nama Resep
nasi hijau khas sukabumi kota moci

 Waktu Memasak
persiapan 2o menit
memasak 4o menit
total 60 menit

Jumlah Porsi
2 porsi

Bahan bahan yang di gunakan membuat nasi hijau khas sukabumi kota moci

Bahan bahan nasi hijau:
  • 1/2 beras putih jangan lupa di cuci bersih dulu
  • 1 ikat sayur hijau bayam
  • 200 mili liter air putih bersih(1 gelas air putih bersih)
  • 1/2 liter santan kental
  • 4 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk yang sudah di buang tulangnya terlebih dulu
  • 3/4 sendok makan garam dapur meja
Bumbu bumbu buat nasi hijau:
  • Kupas bawang merah lantas iris iris dan goreng bust di taburkan di atas nasi hijau
  • Tahu mentah bandung lantas goreng
  • Tempe mentah biasa lantas goreng
  • Telur ayam yang di dadarkan
  • Daging ayam lantas goreng
Sambal buat nasi hijau:

  • Cabe rawit 10 buah lantas goreng
  • Bawang merah 3 buah lantas goreng
  • Tomat 1 buah lantas goreng
  • Gula pasir 1 sendok teh
  • Terasi 1 sendok teh
  • Garam dapur meja 1/2 sendok teh
Cara membuat sambal buat nasi hijau:

  • Masukan bawang merah, cabe rawit, tomat sama terasi k dalam sebuah cebok sedang lantas tambahkan gula pasir satu sendok teh sama garam dapur meja satu setengah sendok teh sesudah semua bahan masuk d atas permukaan cobek lantas ulek ulek bawang merah, tomat, cabe rawit terasi dan gula pasir, garam dapur meja kalo sudah halus sambal cabe rawit siap di sajikan.
Cara mengolahkan nasi hijau:
  • Langkah paling utam cuci beras sampe bersih lantas tiriskan, kemudian cuci sayur hijau bayam sampe bersih tiriskan sesudah itu nyalakan blender masukan sayur hijau bayam k dalam blender dan 1 gelas air putih lalu haluskan sayur hijau bayam tersebut kalo sudah halus saring dan ambil sari sayur hijau bayamnya
  • Didihkan santan kental dalam sebuah panci kecil, lantas masukan garam dapur meja serai daun jeruk dan sari sayur hijau bayam aduk aduk sampai semua tercampur alntas itu masukan beras masak sampai air bumbu meresap kalo sudah meresap angkat.
  • Siapkan kukusan lantas kukuslah aron nasi sampai matang kurang lebih 30 menit sampai 45 menitan kalo sudah matang angkat nasinya
  • Siapkan mangkuk kecil lantas masukan nasi k dalam mangkuk kecil dan cetak nasi hijaunya taro d atas piring jangan lupa baturi bawang gorengnya dan sajikan nasi hijau dengan bahan pelengkap daging ayam yang sudah di goreng tahu gireng, tempe goreng dan lalaban timun yang sudah di potong potong bulat sama tomat yang sudah di iri iris bulat jangan lupa sambal buat nasi hijau selesai.


Resep membuat nasi hijau khas sukabumi kota moci sudah selesai di buat di jamin halal rasa nasi hijau khas sukabumi kota moci ini sangat enak nikmat pokonya mh bikin nambah deh wkwkw... kalo anda ingin membuat sendiri tinggal liat ajah resep yang sudah di bagikan sama yang nulis artikel ini. Selamat mencoba resep baru di dapur anda. Kalo ingin resep yang lain lain tinggal masuk k sinih http://masakanjempol.blogspot.co.id/

No comments:

Post a Comment