Saturday 1 April 2017

Cara Membuat Takoyaki dengan Mudah dan Sederhana

Takoyaki merupakan jajanan pinggir jalan yang berasal dari daerah Kansai, Jepang. Jajanan lezat ini terbuat dari bahan dasar tepung terigu berbentuk bulat seperti bola pingpong yang diisi dengan potongan gurita. Terkadang, jajanan ini juga populer dengan sebutan 'bola gurita'. Penasaran dengan rasaya? Yuk kita berkreasi membuatnya.
Cara Membuat Takoyaki Sederhana, Resep Takoyaki Sederhana ala Jepang
sumber : roaminghunger.com
Takoyaki dibuat dengan menggunakan cetakan khusus yang berbentuk cekungan setengah bola. Satu loyang biasanya terdiri dari deretan 16 lubang, dan terkadang juga lebih banyak tergantung tipe cetakan / loyang yang digunakan.
Cara Membuat Takoyaki Sederhana, Resep Takoyaki Sederhana ala Jepang
loyang cetakan takoyaki : wikipedia.org
Resep takoyaki sederhana khas Jepang cukup simpel. Cara membuat takoyaki sederhana yaitu adonan dimasak menggunakan cetakan, ketika sudah setengah matang adonan harus dibalik menggunakan lidi atau sumpit agar takoyaki membentuk bulatan seperti bola.

Di Indonesia sendiri takoyaki belum begitu populer, biasanya takoyaki banyak dijumpai di tempat-tempat wisata kuliner seperti di pameran, food propose dan beberapa tempat yang menawarkan meat and drink makanan Jepang.

Saat ini takoyaki mulai menyebar ke pelosok-pelosok semenjak bisnis waralaba takoyaki diperkenalkan. Saya sendiri sudah menjumpai beberapa penjual takoyaki yang berjualan di pinggir jalan di beberapa daerah di Jakarta.
Resep Takoyaki Sederhana Khas Jepang
Jika di Jepang aslinya isian takoyaki menggunakan potongan gurita, lain lagi di Indonesia yang penuh dengan kreasi. Takoyaki ala Indonesia biasanya lebih bervariasi, isian yang digunakan bisa menggunakan cumi, udang, daging ayam, bakso, sosis, sayuran hingga tumisan oncom.

Disini kita akan menggunakan cumi sebagai isian. Agar lebih berasa, kita akan menambahkan kol dan daun bawang sehingga rasanya lebih mantap. Jika tidak suka cumi, kalian bisa menggantinya dengan daging ayam. Dan berikut ini adalah bahan-bahan untuk membuat takoyaki beserta dengan resep dan cara membuatnya. Hal lain yang kita perlukan adalah cetakan takoyaki, jika tidak ada kita bisa menggunakan loyang / cetakan untuk menggoreng telur.

No comments:

Post a Comment